Nikmati Kesejukan Udara Nan Bersih dan Segar Air Terjun Sedudo

Category: Air Terjun 331 0

Nikmati Kesejukan Udara Nan Bersih dan Segar Air Terjun Sedudo

britama.com, Air Terjun Sedudo adalah sebuah air terjun dan obyek wisata yang berada di kaki Gunung Wilis. Air Terjun Sedudo terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibukota kabupaten Nganjuk. Berada pada ketinggian 1.438 meter dari permukaan laut (dpl), ketinggian Air Terjun Sedudo sekitar 105 meter. Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup baik yakni tersedia area parkir, warung makan, arena permainan, dan kios yang menjual aneka suvenir, khususnya kaus bergambar keelokan air terjun Sedudo, serta jalur transportasi yang mudah diakses.

Lokasi ini tak hanya menebarkan keelokan dalam balutan kesejukan udara nan bersih dan segar, tetapi juga mitos yang menyatu dalam keyakinan masyarakat. Masyarakat setempat masih mempercayai, Air Terjun Sedudo memiliki kekuatan supra natural. Konon mitos yang ada sejak zaman Majapahit, pada Bulan Sura dipercaya membawa berkah awet muda, keselamtan, disembuhkan dari sakit yang di deritanya, dan naik pangkat bagi orang yang mandi di Air Terjun Sedudo.

Setiap Tahun Baru Jawa (bulan Sura kalender Jawa), Air Terjun Sedudo dipergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca dalam upacara Parna Prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda. Hingga sekarang pihak Pemkab Nganjuk secara rutin melaksanakan acara ritual Mandi Sedudo setiap tanggal 1 Suro.

Percaya atau tidak, tetapi yang jelas setiap Bulan Sura, dalam tradisi Jawa, ribuan warga berdatangan dan mandi, baik di kolam maupun di bawah Air Terjun Sedudo. Bahkan, sejumlah elite politik dan pejabat di tingkat pusat dan daerah rela mandi tengah malam dengan beragam niat dan keinginan masing-masing.

Pada saat menuju Air Terjun Sedudo persiapkan diri anda, karena jalan menuju kesana lumayan berkelok-kelok dan sempit. Tanggal 1 Suro (penanggalan jawa) juga sangat ramai orang ke Sedudo untuk melakukan ritual yang di lakukan masyarakat sekitar maupun luar daerah. Masyarakat di sekitar juga membawa berbagai macam sesaji untuk melakukan ritual 1 suro berupa Tumpeng atau bunga 7 rupa. Tumpeng tersebut akan dimakan bersama jika acara ritual mandi telah usai.

Related Articles

Add Comment


enam + 9 =