Pesona Alam Tebing Setengah Lingkaran Air Terjun Madakaripura

Category: Air Terjun 507 0

Pesona Alam Tebing Setengah Lingkaran Air Terjun Madakaripura

britama.com, Air Terjun Madakaripura adalah tujuan wisata sakral yang indentik dengan leganda Mahapatih Majapahit Gajah mada, berada 620 meter dari permukaan laut dan terletak di kawasan Tengger tidak jauh dari Gunung Bromo tepatnya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur. Air terjun ini berbentuk ceruk yang dikelilingi bukit-bukit yang meneteskan air pada seluruh bidang tebingnya seperti layaknya sedang hujan, 3 di antaranya bahkan mengucur deras membentuk air terjun lagi.

Air Terjun Madakaripura dipilih oleh Gajah Mada sebagai tempat pertapa untuk mendapatkan ketenangan sampai ia menjadi mandraguna kuat. Setelah membuktikan Sumpah Palapa dan berhasil mempersatukan seluruh kepulauan, di mana dia menghabiskan sisa usia, mempersiapkan diri untuk Muksha mengarah ke Nirvana. Ternyata Mada Kari Pura memang berarti “tempat tinggal terakhir” Gajah Mada. Ketika kita merindukan kebesaran jasa Gajah Mada, dan menghargai kebesaran-Nya, kita dapat datang ke sana untuk menunggu munculnya pelangi. Jiwanya akan turun meniti tangga berwarna, bersiram air suci “Tirta Sewana”. Banyak orang percaya bahwa “Tirta Sewana” berkhasiat memberikan kesembuhan dan membuat awet muda.

Terlepas dari legenda Mahapatih Gajah Mada, Air Terjun Madakaripura memang benar-benar sangat indah. Dinding alam atau tebing yang membentuk air terjun itu berbentuk setengah lingkaran. Diameternya sekitar 70 Meter. Jadi, kalau Anda berada tepat di tengah, serasa berada di dalam sumur raksasa.

Dari bibir tebing, terdaoat tiga titik air terjun yang mencurah ke bawah. Satu titik airnya curah menyebar, sementara dua air terjun lainnya curahannya memusat. Salah satu di antaranya, airnya tercurah dari rekahan bebatuan di bibir tebing. Tinggi air terjun sekitar 100 meter. Bicara tentang air, Air Terjun Madakaripura bisa di kategorikan air terjun paling jernih di Indonesia.

Sejak tahun 2009, air dari Madakaripura digunakan dalam ritual Yadnya Kasada. Dengan Kasada, masyarakat Tengger mengambil air suci (Mendhak Tirta) di Madakaripura. Prosesi Mendhak Tirta itu sendiri dibuka dengan berdoa, lengkap dengan persembahan ayam, pisang, bunga, dupa hingga seratus. Setelah kembali dari mengambil air, masyarakat Tengger kembali berdoa.

Related Articles

Add Comment


5 − tiga =